5 Keseruan Ramadhan di Indonesia

Bulan ramadhan merupakan salah satu momentum yang dinanti umat Islam di dunia termasuk Indonesia. Puasa tidak hanya menjadi momen yang ditunggu di bulan seribu malam ini, namun banyak hal yang bisa dilakukan untuk meramaikannya.

Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia memiliki beberapa ciri khas yang menjadikan ramadhan menjadi saat yang dirindukan. Ramadhan sebagai momen tahunan jelas menjadi primadona eventual yang seru bagi masyarakat Indonesia.

Apa saja keseruan – keseruan itu?

1. Pawai Sahur

Sahur merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan puasa selama bulan Ramadhan. Gagal bangun pagi buta dan tidak sahur jelas mempengaruhi aktifitas selama puasa. Salah satu cara kaum muslimin Indonesia menyiasati dan meminimalisir orang yang gagal sahur adalah dengan pawai sahur. Kegiatan yang rutin diadakan di kampung – kampung ini diadakan oleh remaja dan akan – anak dengan membawa kentongan maupun alat tabuh lain untuk membangunkan masyarakat. Melalui pawai ini semoga tidak ada lagi masyarakat yang tidak sahur dan tidak beraktifitas maksimal di siang hari.

2. Ngabuburit

Kegiatan menanti buka puasa ini memiliki beragam cara yang dilakukan oleh orang Indonesia tua maupun muda. Kegiatan komunitas baik yang sifatnya hobi, sosial maupun ekonomi tumpah ruah di pelbagai sudut kota meramaikan suasana sore hari. Ngabuburit mudah dijumpai di taman – taman kota atau pusat keramaian.

3. Buka Bareng

 Ramadhan juga bisa jadi momentun yang dinanti untuk reunian. Kultur yang satu ini menjadi agenda yang seakan wajib dan kurang afdhol jika tidak disiapkan ketika bulan yang mulia ini. Sebut saja mulai dari reuni SD hingga Kuliah, komunitas hingga profesional biasanya sudah mengagendakan buka bersama untuk menjalin silaturahmi dan update kondisi personal.

4. Para Pencari Takjil

Even satu ini favorit bagi anak kuliah perantau. Momen ramadhan disambut oleh masjid seantero Indonesia dengan menyediakan takjil bahkan buka gratis. Hal inilah yang dijadikan saat yang tepat bagi perantau untuk berhemat sekaligus mempererat silaturahmi dengan masyarakat.

5. Tarawih Banyak Pilihan

Setelah berbuka puasa, rasanya kurang lengkap tanpa melakukan sholat tarawih yang jadi trademark malam ramadhan. Setiap masjid di Indonesia bisa dipastikan mengadakan sholat malam berjama’ah ini bahkan ada yang diadakan jam 12 malam. Hal yang unik dan memudahkan masyarakat adalah adanya pilihan untuk rakaat tarawih. Mau memilih 11 rakaat atau 23 rakaat semua ada dan bebas untuk dipilih sesuai dengan keyakinan. Momentum inilah yang tidak jarang menjadi saat tepat untuk melatih toleransi perbedaan dalam menjalankan ibadah.

Itulah lima keseruan yang bisa dirasakan secara langsung ketika ramadhan di Indonesia. Banyak nilai positif dan produktif yang menjadikan ramadhan di bumi pertiwi ini menjadi momen yang dinanti tidak hanya kaum muslim saja namun juga umat beragama lain untuk memaksimalkannya. Jadi, apakah anda siap meramaikan ramadhan ini dengan keseruan – keseruannya?

1933831_1135382993043_2439011_n

Udah siap sambut ramadhan?

Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Komentar Anda