Islam dan Filsafat Ilmunya

Islam tak terbantahkan lagi adalah ajaran yang paripurna. Bertahan dan mewarnai peradaban selama lebih dari satu milenia merupakan salah satu diantara segudang bukti akan keutamaannya sebagai way of life. Walaupun essence dari Islam, tauhid, sudah diajarkan sejak zaman nabi Adam namun Islam sebagai ajaran sui generis diperkenalkan oleh manusia terbaik yang pernah ada di muka bumi, Rasulullah Muhammad bin Abdullah al Quraisy shallallaah ‘alayhi was salam. Apa yang membuat Islam begitu langgeng bertahan hingga hari ini? Ilmu salah satunya.

Filsafat dan jebakan definisi

Definisi adalah kunci pada setiap pembahasan tentang sesuatu. Kitab – kitab para ulama tak lepas mengawalinya dengan definisi baik secara lughawi maupun ishtilahi. Hal ini tentu wajar agar standar yang dipakai baik oleh penulis maupun pembaca tidak terpaut jauh. Pemahaman yang sama perlu diawaliu sebelum membahas lebih jauh dan mendalam.

Hanya saja sebagaimana sifat lemahnya manusia, potensi mis-definisi juga rentan terjadi di dunia akademik. Perbedaan maksud dan standar mempengaruhi pendefinisian antar ilmuwan tentang sesuatu. Salah satunya filsafat. Tidak sedikit yang mendefinisikan filsafat secara generalisir dan simplifikasi namun lupa dengan latar belakang dan maksud dari kelahiran definisi filsafat itu sendiri. Hingga akhirnya muncul perdebatan yang kontraproduktif berputar pada tataran kulit dan definitif yang tentu mempengaruhi kebermanfaatan waktu dan kesempatan.

Guna menjembatani definition gap antar ilmuwan, Universitas Ibnu Khaldun memperkenalkan salah satu karya kompilasi mereka secara publik. Digawangi oleh salah satu ilmuan Islam nasional, Dr. Adian Husaini, buku berjudul Filsafat Ilmu ini menyajikan paparan yang menarik sekaligus berisi seputar Islam, ilmu dan filsafat baik dipandang oleh Muslim maupun Orientalis.

Buku ini mencoba menyelamatkan umat dari jerat jebak definisi tentang filsafat.

Attas-isme

Salah satu tokoh cendekia Islam dunia yang banyak dicatut namanya dalam karya tersebut adalah Al Attas. Pria kelahiran Bogor yang (sayangnya) berwarga negara Malaysia ini banyak didengungkan sebagai salah satu pioneer dalam Islamisasi pengetahuan. Penulis – penulis dalam buku ini sering menyampaikan gagas dari Al Attas perihal Islam sebagai worldview. Tentu ada juga tokoh kontemporer lain yang dinukil namun masih kalah pamor dibawah Al Attas.

Uraian dari ulama salaf dan kholaf juga mewarnai kompilasi tulisan ini. Tidak hanya dari mancanegara bahkan K.H. Hasyim Asyari juga menjadi rujukan dalam penjelas bab – bab Ilmu dan kedudukannya dalam Islam. Tidak sedikit pelajaran praktis yang didapat mengenai ilmu, adab dan akhlak yang digali didalamnya.

Disamping Attas-isme, para penulis mungkin melupakan ada cendekiawan muslim Indonesia yang juga menggaungkan nafas Islamisasi ilmu pengetahuan. Prof. Kuntowijoyo. Saya belum menemukan ada penulis dalam buku ini yang mencatut nama guru besar dari UGM ini perihal Islamisasi pengetahuan khususnya di bidang social science. Padahal Kuntowijoyo memiliki dua karya rujukan yang layak dipertimbangkan dalam tema ini, Islam sebagai Ilmu dan Paradigma Islam.

Secara garis besar, saya cukup puas dan tercerahkan dengan menghabiskan buku ini selama perjalanan diatas kereta Kertajaya dan Gaya Baru Malam. Insights dan wisdom serta alur logika perihal urgensi Islamisasi ilmu pengetahuan serta sekelumit saran konkret yang terkandung didalamnya cukup memberikan semangat dan motivasi untuk kembali meneruskan estafet keilmuan dalam diri saya pribadi. Buku yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka dengan refleksi tentang Islam dan ilmu di masa kini.

Wallaahul musta’an

“Dan ulama adalah pewaris para nabi.” H.R. Abu Dawud

 

Judul : Filsafat Ilmu – Perspektif Barat dan Islam

Penulis : Dr. Adian Husaini, et. al.

Penerbit : Gema Insani Press

2 comments

  1. “menghabiskan buku ini selama perjalanan diatas kereta Kertajaya dan Gaya Baru Malam”
    berapa jam?
    berapa halaman?..

    1. Waktu efektif membaca kurang lebih total 10 jam untuk 300an halaman buku ini, in syaa Allaah.

Komentar Anda