5 Pelajaran dari PotC : Dead Men Tell No Tales

Depp1-1024x576.png

Siapa yang tak mengenal Captain Jack Sparrow? Tokoh yang diadopsi dari sejarah zaman keemasan maritim dunia khususnya ketika ekspedisi dunia maupun bajak laut mengisi dua pertiga dunia.

Film teranyar pasca empat layar pendahulunya ini mencoba membuat penggemar Pirates of the Caribbean (PotC) tentu penasaran dengan seri kelima yang mengangkat kisah baru menyambung dari sebelumnya khususnya di film ketiga ketika Willian Turner didapuk menjadi kapten dari The Flying Dutchman, kapal legendaris yang “terkutuk” tidak bisa menjejakkan kaki kecuali sepuluh tahun sekali.

Henry, anak dari Will tumbuh besar dan dewasa hingga ia mencoba memutus kutukan ayahnya agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Langkah pertama yang harus dilalui oleh Henry adalah menemukan Jack Sparrow, sang kapten legendaris.

Hal ini kemudian membawa Henry bertemu Carina, seorang astronomer yang dimasa itu dianggap sebagai penyihir. Film ini kemudian bergulir dan semakin seru ketika Kapten Salazar juga turut dalam perburuan mengincar kepala Jack Sparrow.

Sebagai salah satu “fans” yang mengikuti serial ini sejak film pertamanya (dan sedikit banyak terinspirasi dari Jack Sparrow), saya mencoba menemukan pelajaran – pelajaran apa yang bisa diambil dari film seri kelima PotC yang juga menggabungkan konsep politeisme (triden Poseidon) dengan monoteisme (pembelahan laut) ini.

  1. Kekuatan sebuah Tujuan ditunjukkan baik secara personal maupun simbolik. Secara personal sebagai contoh adalah bagaimana tujuan Henry untuk bertahan hidup dan terus berjuang memecahkan kutukan ayahnya maupun Carina untuk memecahkan misteri dari warisan sang ayah. Pun secara simbolik bahkan sejak film pertama, kekuatan dari tujuan ditampakkan dengan begitu pentingnya kompas dalam PotC yang diperebutkan oleh baik bajak laut hingga angkatan laut seluruh negara. Tanpa tujuan tentu PotC tidak akan melahirkan keseruan dan ceritanya yang khas.
  2. Kolaborasi untuk Akselerasi selalu diperlihatkan sejak film PotC pertama termasuk yang kelima ini. Bagaimana Henry mampu mempercepat caranya menghentikan kutukan melalui mencari Jack sang kapten legendaris dengan kompas “sakti” dan mengajak Carina yang memegang “peta” dari Triden Poseidon. Termasuk peran dari Hector Barbossa yang memegang pedang Blackbeard, satu – satunya senjata yang mampu mengembalikan kapal Jack Black Pearl, juga menunjukkan pentingnya kolaborasi dan semaunya berawal dari kemampuan membangun koneksi baik berdasarkan visi maupun kepentingan sesaat.
  3. Membangun Reputasi dimulai sejak dini merupakan pesan yang cukup kuat mengingat dalam film kelima ini seakan juga menceritakan Jack Sparrow : The Origin. Salazar sang kapten dari Spanyol dengan capaian hebat dalam meringkus bajak laut harus menerima kekalahannya dari anak muda eksentrik bernama Jack Teage yang juga menandai awal prestasi dari The Sparrow. Reputasi inilah yang menjadikan nama Jack menjadi legendaris meski juga banyak dibumbui oleh penceritanya hingga menjadi agak “alay”.
  4. Keluarga adalah Harta yang berharga juga mewarnai film ini sejak dari awal yakni dorongan rindu Henry untuk mengumpulkan lagi ayah dan ibunya maupun drama ayah – anak Hector dengan Carina ketika Barbossa melihat kompas “sakti” menunjuk arah sang astronomer sebagai tujuan yang paling diinginkan.
  5. With great power comes great responsibility yang merupakan quote spiderman juga berlaku di film ini. Masalah semakin banyak dan runyam ketika tanggung jawab yang diambil semakin tinggi mulai menjadi kapten kapal yang harus mengayomi kru-nya, dan ini ditampakkan diawal ketika Jack gagal meyakinkan kru-nya untuk bertahan (meski kemudian tetap kembali menyelamatkan Jack) maupun ketika Hector memutuskan “bunuh diri” untuk mencegah mafsadat tidak hanya pada kru-nya namun termasuk “harta”-nya yakni Carina.
  6. (Bonus)A Smooth Sea Never Made a Skillful Sailor (and a smooth life never made a skillful leader) adalah jargon yang harus senantiasa diingat ketika melihat film PotC mengingat kisah yang diangkat selalu menunjukkan leveling up dari tokoh-tokoh utamanya mulai dari Jack menjadi kapten legendaris, Will menjadi kapten “abadi”, Elizabeth bahkan merupakan Raja Bajak Laut dunia hingga ketangguhan Henry dari bocah ingusan menjadi pemuda yang menghancurkan kutukan laut (?). Ya, PotC kelima ini berkisah tentang peran pemuda yang mampu merubah banyak hal berawal dari mimpi, berkolaborasi hingga berani untuk mengarungi misteri sedalam laut samudra.
  7. (Bonus Kedua) Dead Men Tell no Tales, orang yang mati tidak bisa bercerita tentang kehidupannya namun karya dan kontribusinya lah yang berbicara. Reputasi yang dibangun oleh Jack Sparrow, Flying Dutchman hingga Salazar tentu bisa didengar dari “warisan” mereka yang diantaranya saksi hidup yang memang disengaja untuk dibiarkan guna menceritakan tentang keberadaan mereka. Ya, kita mendapat kisah – kisah kehebatan peradaban masa lalu dengan tokoh – tokohnya melalui pewarisan pengetahuan dan sejarah. Maka ditengah ramai isu tentang G30S/PKI tentu menjadi bijak jika kita tidak berpuas dengan sejarah “alternatif” berdasarkan laporan riset orang luar namun juga mau mendengar dari “the survivor” tentang kisah – kisah masa lampau. Life men tell the tales.

Sebagai penutup, film yang dibesarkan menjadi franchise oleh Disney ini sebenarnya memiliki alur konflik yang cukup dinamis. Hanya saja “agak” zonk ketika antagonis utamanya, Kapten Salazar kalah karena menjadi manusia biasa. Ke-zonk-an ini kembali naik dinamikanya ketika Kapten Barbossa harus merelakan hidupnya guna mencegah Salazar membuntuti mereka. Dan tentu sebagai bumbu penyedap rasa (bukan micin) diakhir kredit film ada bonus untuk menambah rasa penasaran fans dengan kembalinya Davy Jones, Captain of the Flying Ducthman.

Bagaimana menurutmu? apakah seri keenam Pirates of the Carribean akan menghadirkan fantasi maritim yang tak kalah serunya untuk diambil pelajaran tentang mengarungi samudera kehidupan dunia nyata?

And as always, never stop learning even from your entertainment.

A smooth life never made a skillful leader!

pirates-of-the-caribbean-dead-men-tell-no-tales-trailer-0.jpg

“SAVVY?!”

 

Sumber Gambar :

http://www.sonic1029.com/2017/03/02/watch-pirate-carribeamn/

http://www.highsnobiety.com/2017/02/06/pirates-of-the-caribbean-dead-men-tell-no-tales-trailer/

Komentar Anda