8 Cara Mengatasi Malas Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang menjadi trending dan menjadi lifestyle zaman sekarang. Akan tetapi tidak sedikit dari kita yang terkena “penyakit” mager (males gerak) dan maga (malas olahraga).

Bagaimana menyiasatinya?

1. Luruskan niat dan tujuan olahraga

Tentu sebagai seorang muslim, niat menjadi hal yang penting. Berawal dari konsepsi bahwa tubuh adalah amanah dari Allaah, niscaya pemahaman ini akan melahirkan ide bahwa tubuh juga harus dirawat karena akan dimintai pertanggungjawaban.

Anda dititipi mobil mewah-nya Ronaldo, pasti dijaga dan rawat sebaik-baiknya agar kepercayaannya tetap baik pada Anda.

Maka sudah selayaknya tubuh juga dirawat sebaik-baiknya agar bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dihadapan Sang Pemberi Tubuh.

2. Mulai dari yang mudah

Jalan kaki ke masjid, jogging, push up, sit up, dan banyak aktifitas mudah yang bisa dilakukan untuk membiasakan olahraga sebagai gaya hidup.

3. Mulai dari yang dekat

Kamar, ya kamar Anda bisa menjadi tempat olahraga yang terdekat. Lari di tempat, push up, sit up bahkan pull up merupakan aktifitas yang bisa dilakukan di kamar.

4. Mulai dari yang cepat

Memulai dengan sesegera mungkin. Olahraga yang cepat seperti push up bisa menjadi salah satu contoh sederhana dan segera.

5. Cari teman dan komunitas

Ajak teman kosan atau kontrakan untuk jalan-jalan sehat di car free day, lari pagi di stadion kampus atau nge-gym bareng. Pun Anda juga bisa bergabung di komunitas olahraga yang sekarang ada bermacam-macam mulai dari komunitas berlari, kalisteknik, parkour dan semacamnya.

6. Gunakan Smartphone

Daripada menggunakan hp untuk games yang kontra-produktif, lebih baik Anda mulai download dan install aplikasi fitness dan olahraga yang ada banyak bertebaran di apps store maupun google play.

7. Reward and Punishment

Beri hadiah pada diri jika telah berolahraga seperti minum jus buah. Pun beri hukuman yang tidak memberatkan seperti infaq ketika Anda melewatkan hari tanpa olahraga.

8. Follow akun dan channel bermanfaat

Ya, dibandingkan mengikuti akun ga jelas lebih baik Anda ikuti akun dan video yang bermanfaat di sosial media yang membuat Anda belajar hal baru dan tetap semangat berolahraga. Salah satunya adalah @themuslimfit di Instagram dan akun Youtube “The Muslim Fit”.

Demikian beberapa kiat mengatasi males olahraga, well yang namanya semangat memang naik turun, tapi harus tetap dijaga dengan terus beraktifitas sesederhana apapun.

Tetap semangat untuk jadi sehat dan kuat!

Penjelasan lebih lanjut soal menyiasati maga bisa klik di https://youtu.be/JIWks9fxYUM

Komentar Anda